Selasa, 05 November 2013

Fenomena Gunung Api Bawah Laut di Sulawesi Utara

Letupan-letupan dari bawah laut mengagetkan masyarakat Sangihe, Sulawesi Utara. Penduduk terus menelusuri suara gemuruh berasal, mereka pun terkejut melihat temuan yang didapat. Ternyata selama ini, sebuah gunung berapi bersemayam di bawah perairan.

Peristiwa tersebut terjadi pada 1919. Warga setempat menyebut puncak gunung dengan Banua Wuhu, letaknya di Pulau Mahangetan, Sangihe. Fenomena ini hanya berjarak 400 meter dari bibir pantai, jika terus beranjak ke arah Barat Daya, maka gunung berapi itu akan ditemukan.


Jika tubuh Gunung Krakatau sebagian ditelan laut, sebagian lagi menganga di udara. Berbeda dengan Banua Wuhu, seluruh bagian gunung tenggelam.

Lokasi ini surganya para penyelam, mereka dapat melihat gunung dari jarak dekat, tanpa adanya ancaman bahaya dari lava dan udara beracun. Sungguh unik, bahkan CNNmenobatkan Banua Wuhu sebagai salah satu tempat menyelam teraneh di dunia.

Tapi penyelam tetap harus berhati-hati. Puncak Banua Wuhu ditandai dengan keluarnya gelembung di antara bebatuan, yang suhunya mencapai 37-38 derajat celcius. Jika gelembung menyentuh tangan maka dapat membakar kulit.

Biota laut lebih indah ketika menyelam lebih dalam, dinding gunung berapi menambahkan aksen artistik. Melengkapi cantiknya terumbu karang, spons, dan berbagai spesies ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar